Strategi Pengembangan Laboratorium Program Studi Teknik Industri di Universitas Al Azhar Indonesia

Nunung Nurhasanah* , Octrivia Deliani

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi,
Universitas Al Azhar Indonesia, Jl. Sisingamangaraja, Jakarta 12110

E-mail: nunungnurhasanah@uai.ac.id

AbstrakPraktikum merupakan mata kuliah yang berdiri sendiri menjadi suatu mata kuliah praktikum, atau embedded dalam suatu mata kuliah. Kurikulum Teknik Industri tahun akademik 2010/2011 yang terdiri dari total 144 sks, di dalamnya terdapat 19% mata kuliah praktikum atau sebanyak 28 sks. [1]

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan laboratorium Teknik Industri di UAI sehingga tercapai visi untuk menjadi program studi Teknik Industri terkemuka dalam menghasilkan lulusan sarjana teknik industri yang unggul dan bermartabat serta memiliki kemampuan Intelektual di bidang Sistem Manufaktur dan Manajemen Bisnis yang berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral, dan etika Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi penelitian manajemen strategi dan analisis keputusan. Pendekatan yang digunakan dalam manajemen strategi adalah menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal dengan matriks IFE dan EFE. Matriks ini akan menghasilkan nilai koordinat sebesar (0,48 : 0,90) yang akan digambarkan dengan Grand strategy matrix. Berdasarkan grand strategy matrix diperoleh posisi Lab TI-UAI pada kuadran I.

Strategi yang ditawarkan dari hasil brainstorming adalah Strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil penggabungan pendapat pakar dengan pendekatan Non Numeric Multicriteria Decision Making diperoleh prioritas strategi pengembangan Penetrasi pasar dan Pengembangan produk dengan nilai P (Penting).

 

AbstractPracticum is a subject that can be a practicum courses, or embedded in a course. Industrial Engineering curriculum academic year 2010/2011 which consists of a total of 144 credits, has 19% included a practicum courses or as many as 28 credits. [1]

The purpose of this study is to formulate a development strategy Industrial Engineering laboratories in UAI in order to reach the vision to become a leading Industrial Engineering courses in industrial engineering graduates produced superior and dignified and intellectual ability in the field of Manufacturing and Business Management System which is based on spiritual values, morals, and ethics of Islam.

This research approach strategic management research methodologies and decision analysis. The approach used in the management strategy is to analyze the internal and external environmental factors with the IFE matrix and EFE. This matrix will result in the value of the coordinate of (0.48: 0.90) to be represented by Grand strategy matrix. Based on the grand strategy matrix obtained by positioning Lab IE-UAI in quadrant I.

Strategies are offered from the brainstorming strategy of market penetration, market development and product development. Based on the incorporation of expert opinion approach to Non Numeric Multicriteria Decision Making gained priority strategy development Market penetration and product development with a value of P (Important).

KeywordsStrategy, ratio, utility, laboratory, expert judgment, decision analysis